Senin, 03 November 2014

BERAPA TALENTA yang TUHAN BERIKAN PADAKU?

Senin, 20.31 WIB
Seringkali kita mendengar bahkan mengucapkan kata “Multi Talenta”, yang lebih diartikan pada banyak kemampuan/kelebihan yang dimiliki oleh seseorang.
Kita akan terkagum-kagum bilamana kita melihat orang yang dianggap serba bisa. 
Pertanyaannya adalah : Apakah kemampuan atau serba bisa ini hanya dimiliki oleh segelintir orang saja? Dapatkah kita juga menjadi orang yang serba bisa? Sulitkah menjadi orang yang serba bisa?



Untuk menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya kita pahami dulu apa itu Talenta.
Banyak orang yang mempertanyakan apa perbedaan  BAKAT dan TALENTA.
Kata Bakat dalam bahasa Inggris adalah Talent (= arti dalam bhs. Indonesia adalah Talenta). Namun dalam Alkitab seperti di dalam Matius 25:14-30, kata Talenta lebih dihubungkan dengan mata uang. Satu talenta sama nilainya dengan 6000 dinar (mata uang pada saat itu). Jika diartikan kata talenta dalam perumpamaan tersebut lebih merupakan suatu modal. Jika seseorang diberikan modal 2 talenta, maka orang tersebut memiliki tanggungjawab untuk mengembangkan 2 talenta, begitu juga dengan yang diberikan 5 talenta, ia mengembangkannya menjadi 10 talenta. Sampai disini mungkin kita dapat mengambil kesimpulan bahwa  Tuhan telah mempersiapkan modal bagi kita, yaitu PENGETAHUAN dan KEMAMPUAN yang mungkin dapat kita artikan bahwa BAKAT termasuk di dalamnya.
Jadi dalam perumpamaan tentang Talenta tersebut, Allah mau mengajarkan kepada kita untuk ber-tanggungjawab dalam mengembangkan pengetahuan dan kemampuan yang telah Ia anugerahkan kepada kita demi kemuliaan namaNya. Dan bilamana kita mampu melatih dan mengembangkannya, Tuhan akan memberikan tanggungjawab yang lebih besar lagi bagi kita. Dengan kata lain, jika kita dianugerahkan 1 talenta dan kita mampu mengembangkannya dengan bertanggungjawab, maka Tuhan akan menganugerahkan kepada kita 1 bahkan mungkin lebih dari 1 talenta, untuk kita kembangkan kembali.
Masing-masing dari kita tentunya telah dianugerahkan kemampuan dan pengetahuan yang berbeda. Dan perbedaan itu juga untuk saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Ada orang yang memiliki kemampuan di dalam berhitung, ada orang yang memiliki kemampuan dalam bermusik dan kemampuan-kemampuan yang lainnya sesuai dengan anugerah Tuhan. Bahkan ada yang Tuhan anugerahkan lebih dari satu Talenta. Hanya Tuhan yang mengenal pribadi kita, sehingga Ia pun tahu berapa talenta yang akan Ia anugerahkan. Tuhan menghendaki kita untuk melakukan perkara-perkara yang kecil dulu, setelah kita mampu melakukannya, Tuhan akan memberikan perkara-perkara yang lebih besar. Berarti, jika kita memiliki satu talenta dan mampu mempertanggungjawabkan talenta tersebut, bukan hal yang tidak mungkin bahwa Tuhan akan tambahkan satu demi satu talenta yang lain bagi kita, sehingga pada akhirnya kita memiliki banyak talenta. Namun perlu kita ingat dan sadari, semakin banyak kita diberi, semakin banyak kita dituntut pertanggungjawaban.

Lalu kembali kepada pertanyaan : “Dapatkah kita menjadi yang serba bisa? Dan sulitkah itu? Jawabannya adalah Sangat mungkin bisa dan tidak sulit, karena kita pun memiliki kesempatan untuk menjadi yang SERBA BISA.
Teruslah berlatih untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan yang telah Tuhan anugerahkan bagi kita dan yang terpenting adalah semuanya itu hanya untuk kemuliaan NamaNya. (d’kiel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar